"MAK"

image hosted by imageshack.us

Jumat, 29 Agustus 2008

flu ?

Apa sih flu itu?

Flu adalah nama populer untuk influenza, virus yang menyerang sistem pernafasan kita.

Biasanya, bila kita sakit karena serangan virus, tubuh kita membentuk sistem pertahanan tubuh dengan membuat antibodi melawan virus yang masuk. Jadi tubuh kita dapat melawan virus yang sudah pernah menyerang kita. Sayangnya, virus flu bermutasi (berubah) setiap tahunnya. Jadi, tubuh kita masih bisa diserang oleh virus flu yang berbeda dibanding sebelumnya.

Untuk beberapa saat, virus flu berubah sangat kecil. Sehingga, antibodi tubuh kita masih bisa melawannya dan kita tidak terkena flu. Tapi, biasanya, setiap 10 tahun sekali, virus flu itu berkembang sangat pesat sehingga banyak orang terserang flu berat. Bila keadaan ini terjadi pada lingkup yang sangat luas di suatu daerah atau negara, maka keadaan tersebut disebut epidemik. Jika orang yang terjangkit flu terjadi di hampir seluruh dunia, maka keadaan itu disebut pandemik.

Bagaimana penyebaran virus flu?

Virus flu menyebar melalui udara ketika orang yang terjangkit virus ini bersin, batuk, atau bahkan berbicara. Yang lebih gawat lagi, virus flu bisa menulari orang lain jika orang tersebut menyentuh benda yang terkena lendir ketika seseorang yang sedang sakit flu itu bersin atau batuk. Ihhh... Virus flu ini akan mulai menampakkan gejala-gejala flu pada orang yang terjangkiti dalam waktu 1 sampai 5 hari. Jadi bisa saja, virus flu itu menyebar ke orang lain, padahal sang pembawa virus belum merasa sakit. Misalnya begini, Anto bersin tanpa menutup mulutnya di hadapan Budi. Virus flu yang ada di tubuh Anto masuk ke tubuh Budi. Tidak berapa lama kemudian, Ciko meminum soda dari gelas yang dipakai oleh Budi. Nah, virus flu sekarang berada dalam tubuh Budi dan Ciko. Padahal Budi belum merasakan gejala flu, tapi dia sudah menularkan virus itu ke tubuh Ciko.

Epidemi flu biasanya berkembang pesat di sekolah dan akhirnya ke lingkungan tempat tinggal para pelajar melalui para keluarganya. Keadaan ini yang sering kita jumpai bila sedang terjadi wabah flu, sebagian besar orang di sekitar kita menderita flu.

Bagaimana gejala flu?

Gejala flu, seperti sakit kepala, demam, kedinginan, pegal-linu dan batuk tidak berdahak, biasanya muncul dalam waktu 1 sampai 4 hari setelah virus masuk ke tubuh seseorang. Bila demam, panasnya bisa mencapai 40 derajat celcius. Seringkali orang yang sakit flu merasa nyeri seluruh badannya, lelah luar biasa, dan kehilangan nafsu makan.

Demam dan rasa pegal di persendian biasanya hilang dalam 2-3 hari. Tapi, kemudian hidung mulai berlendir atau tenggorokan terasa sakit/kering. Nah, keadaan ini bisa berlangsung selama seminggu atau lebih.

Flu dapat menyebabkan rasa mual, sakit perut, dan diare juga. Tapi, jika kamu merasa mual dan diare tanpa adanya gejala-gejala flu, mungkin kamu terkena gastroenteritis, suatu penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri lain, bukan virus flu.

Uuuh.. pasti tidak nyaman ‘kan bila tubuh kita terserang flu. Tidak perlu terlalu khawatir, karena sakit flu tidaklah terlalu serius. Kalau tubuh kita sehat dan kuat, jarang sekali kita terkena komplikasi lain dari flu, seperti bronkitis atau pneumonia.

Bagaimana mengatasi flu?

Jika kamu terserang flu, cara yang paling baik untuk mengatasinya adalah : ISTIRAHAT dan BANYAK MINUM AIR. Minuman yang sebaiknya diminum tentu saja air putih (mineral water), tapi boleh juga minum sirup atau susu. Asal jangan minum minuman yang mengandung kafein atau soda. Sebaiknya kamu juga tinggal di rumah, sampai kamu merasa lebih kuat dan badanmu tidak demam (temperatur normal adalah di bawah 37, 5 derajat celcius).

Kalau kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, misalnya masalah jantung, paru-paru atau diabetes), sebaiknya kamu menghubungi doktermu. Jika tidak, biasanya gejala-gejala flu itu akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Jika kamu minum obat untuk menurunkan demam dan mengurangi rasa sakit pada tulang/oto/persendian, biasanya obat-obatan itu mengandung acetaminophen atau ibuprofen. Tidak dianjurkan untuk meminum obat antibiotik, karena antibiotik tidak dapat melawan virus. Ingat, flu disebabkan oleh virus lho.

Kalau kamu menderita gejala flu, gunakan tissue atau saputangan jika kamu bersin atau batuk, untuk menghindari penyebarluasan virus flu ke orang lain. Pakai masker juga boleh.

Nah, kalau sekarang kamu dalam kondisi sehat, tidak terkena flu, tetap waspada ya... Jaga asupan gizi dan tingkatkan daya tahan tubuhmu. Ingatlah untuk menjaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan dengan bersih sesudah melakukan aktivitas dan sebelum makan. Jangan berbagi gelas atau alat minum dengan orang lain, juga berbagi barang pribadi lainnya.
Sumber : www.kidshealth.org

Tidak ada komentar:

koran digital....

Image Hosted by ImageShack.us